Terjemahan

Pengunjung

free counters

Rabu, 30 Mei 2012

Muasal Kata: OK

Ungkapan “OK” sudah menjadi bagian dari bahasa-bahasa dunia. Dari mana asal muasal kata ‘OK’ tersebut?

Kata ‘OK’ sering digunakan sebagai ungkapan suatu persetujuan atau ketika kita meng-iya-kan sesuatu. Sering juga digunakan untuk mengungkapkan suatu keadaan yang baik.

Tapi asal kata ‘OK’ itu sendiri berasal dari singkatan
‘Oll Korrect’ (todayifoundout.com).

Di tahun 1839, ketik itu di Boston, New York, mulai muncul beberapa singkatan ‘gaul’ yang sering digunakan oleh kaum muda, seperti: KY untuk ‘know Yuse’, OW untuk ‘oll wright’, KG untuk ‘know go’, NS untuk ‘nuff said’ dsb.

Kemudian di tahun 1840, Martin Van Buren berhasil terpilih sebagai gubernur  di New York yang ketika berkampanye dia diberi julukan OK (Old Kinderhook). Sementara tim suksesnya dikenal dengan nama ‘OK Club’.

Keberhasilan Martin dalam memajukan New York membuat julukan OK dislenge’in menjadi singkatan ‘Oll Korrect’. Koran-koran di New York sering menulis ‘Everything is Oll Korrect (OK).”

Dari situ, kata ‘OK’ mulai sering digunakan.

Tahun 1919 rombongan imigran asal Yunani pulang kampung dari Amerika. Mereka menamakan diri ‘OK Boys’ karena mereka pulang membawa banyak uang. Julukan ini memberi pengaruh kepada kelompok-kelompok baru yang bermunculan, seperti OK Girls, OK Cars, dan beberapa nama kelompok yang diawali dengan OK. Akhirnya di tahun 1929, kata ‘OK’ sudah menjadi bagian dari bahasa pergaulan di Yunani.

Kemudian di tahun 1932, beberapa imigran Inggris yang kembali dari Amerika membawa ungkapan ‘Okey-Doke’. Akhirnya ungkapan ini mejadi lebih pendek:  ‘OK’ saja.

OK, Jack… begitulah kira-kira asal muasal kata ‘OK’ menjadi salah satu ungkapan dunia.
Sumber: cahayaku-cahayamu.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar